Kopi Menyebabkan Dehidrasi?

Kopi Menyebabkan Dehidrasi?

Sampai kini banyak yang menganggap kalau kopi luwak itu dapat mengakibatkan dehidrasi, karna orang yang menyukai ngopi kan tuturnya jadi seringkali buang air kecil. Nyatanya, asumsi itu tidak seutuhnya benar, at least buat beberapa cowok!

Kopi Menyebabkan Dehidrasi?

Dimuka th. ini, PLOS ONE, satu jurnal on-line punya satu organisasi nirlaba membuat riset, serta didanai oleh Institute for Scientific Information on Coffee. Pesertanya yaitu 50 orang cowok sehat. Beberapa peserta penelitian itu diminta minum 4 cangkir kopi sehari-hari sepanjang tiga hari berturut-turut. Lantas ada 50 orang cowok sekali lagi yang diminta minum air putih dalam jumlah yang sama. Akhirnya yaitu tingkat dehidrasi mereka sama saja. Ya, kopi kan 95% juga terbagi dalam air, bukan? Jumlah urin mereka serta tingkat kepekatannya juga tidak berlainan sekalipun.

Ini pastinya berita yang begitu baik buat beberapa pencinta kopi. Penelitian dimuka th. 2014 ini berarti mematahkan pendapat Mayo Clinic kalau cafein bisa mengakibatkan dehidrasi. Sesungguhnya, orang ingin minum apapun dalam jumlah banyak pula tentu jadi juga akan buang air kecil selalu kan? Hehe…

Eh, namun tunggulah. Janganlah sangat cepat berkesimpulan. Kopi memanglah zat intinya yaitu cafein, namun minuman yang memiliki kandungan cafein dengan cafein yang sesungguhnya itu lain banget, serta janganlah disama-samain. Jagung sama bakwan jagung saja lain kan? Jagung pastinya lebih sehat di banding bakwan jagung yang dimasaknya telah digabung gunakan MSG serta digoreng pakai minyak. Nah, demikianlah kurang lebih.

Lantas, bagaimana dengan beberapa cewek? Aman tidak jika minum kopi luwak sehari-hari dengan jumlah yang sama seperti beberapa cowok? Beberapa periset dari PLOS ONE tidak dapat ngasih pendapat dalam hal semacam ini, karna hormon dalam darah cewek itu berlainan dengan cowok, jadi dampaknya juga dapat berlainan.

Namun ada satu penelitian terpisah yang diselenggarakan pada th. 2012 oleh Ruhr University di Jerman. Akhirnya yaitu beberapa cewek yang minum kopi sekurangnya dua cangkir satu hari lebih tidak mudah depresi di banding sama yang bukanlah peminum kopi. Argumennya tidak terang sich, namun mungkin saja karna cafein miliki dampak spesifik dalam zat kimia di otak kita. Peserta penelitian saat itu yaitu 50. 000 orang wanita Amerika, jadi bisa dipercayalah ya hasil serta kesimpulannya.

Lantas, ada juga satu penelitian yang diselenggarakan pada th. yang sama oleh National Cancer Institute di Amerika Serikat. Kesimpulannya yaitu orang dewasa yang minum kopi, walau yang decaf sekali juga, relatif berusia lebih panjang dari mereka yang bukanlah peminum kopi.

Satu hal-hal lain yang perlu anda cermati, kalau jadi peminum kopi, agar ginjal kita tetaplah sehat, kita juga tetaplah mesti banyak minum air putih. Minum empat cangkir kopi dalam satu hari itu juga tidak cukup lho buat badan kita. Terlebih buat kita yang keseharian semakin banyak duduk. Minum kopi luwak itu tidak apa-apa, selama kitanya juga rajin minum air putih. Sepakat?

 

Baca Juga : Kopi Gajah: Kopi Termahal Di Dunia

 

 

Bookmark and Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *