Kopi Decaf: Apakah Aman?

Kopi Decaf: Apakah Aman?

Saat seseorang pecandu kopi luwak tengah hamil, masalah ginjal, atau penyakit yang lain, umumnya dokter merekomendasikan atau bahkan juga melarangnya untuk minum kopi sekalipun. Namun ada pula dokter yang merekomendasikan pasiennya yang tidak dapat tidak minum kopi untuk berpindah ke kopi decaf. Namun, apakah benar kopi decaf itu betul-betul aman serta bebas cafein?

Kabar jeleknya yaitu, kopi decaf tetap masih memiliki kandungan cafein, namun kandungannya tambah lebih rendah dibanding dengan kopi umum. Kopi umum memiliki kandungan sekitaran 85 miligram cafein per cangkir, sesaat kopi decaf konon memiliki kandungan pada 3 hingga 15. 8 miligram cafein per cangkir. Jadi bila dokter merekomendasikan anda untuk hindari cafein sekalipun, kopi decafpun baiknya janganlah anda minum.

Kopi Decaf: Apakah Aman?

Dr. Roland Griffiths, seseorang profesor dari John Hopkins School of Medicine menyebutkan kalau cafein dengan dosis 10 miiligram saja bisa jadi parah kondisi orang yang menanggung derita masalah psikologis seperti sangat mudah kuatir, umpamanya, dapat juga percepat detak jantung serta desakan darah. “Seseorang yang minum 5 hingga 10 cangkir kopi decaf itu sama dengan minum 1 hingga 1 cangkir kopi umum, ” lebih Bruce Goldberger, Ph. D., profeseor serta direktur UF’s William R. Maples Center untuk penyembuhan forensik.

Butuh diingat kalau decaf itu berlainan dengan caffein-free, serta baiknya beberapa orang yang perlu menjauhi cafein tidak minuman kopi yang bahan dasarnya terbuat dari espresso, juga minuman yang memiliki kandungan cafein yang lain, seperti Coca Cola yang tiap-tiap porsinya memiliki kandungan 31 miligram cafein.

Bila anda termasuk juga orang yang perlu kurangi mengkonsumsi cafein tanpa ada mesti berhenti minum kopi, sesungguhnya kopi decaf yaitu pilihan yang pas. Namun karna sistem pembuatan kopi decaf itu bermacam, pastikan kopi luwak yang lewat sistem decaf dengan air, bukanlah yang lewat cara kimiawi.

Jadi, bagaimana sich langkahnya beberapa pabrik kopi decaf itu kurangi kandungan cafein dalam biji kopi mereka? Pertama, mereka merendam biji kopi itu ke air supaya lembut serta kafeinnya keluar. Lalu biji kopi serta air itu dipanaskan supaya kafeinnya betul-betul keluar, namun rasa-rasanya tetaplah diserap oleh si biji kopi. Bila anda beli kopi decaf, cermati kemasannya. Tentukan yang bertuliskan “naturally decaffeinated” karna berarti kopi itu telah alami sistem ini, walau sesungguhnya dalam akhirnya tetaplah saja sistem ini memakai zat kimia, yakni ethyl acetate. Namun, zat kimia ini tidak beresiko. Beda perihal bila dalam sistem itu, mereka memakai methylene chlorid yang tuturnya bisa mengakibatkan kanker pada manusia, juga trichloroenthylene, yang untungnya saat ini telah tidak ada yang menggunakannya sekali lagi.

Anda dapat juga pilih kopi decaf yang menurut kemasannya alami sistem “Swiss water process”, karna cara ini termasuk aman. Nyaris serupa lewat cara diatas, biji kopi di rendam didalam air, namun sesudah tidak dipanaskan. Dalam langkah tersebut, biji kopi luwak yang telah di rendam air mesti lewat arang atau filter yang memiliki kandungan karbon untuk menyingkirkan kafeinnya. Sistem ini lebih aman dari yang diatas, karna mereka sekalipun tidak memakai bahan kimia.

 

Baca Juga : International Coffee Day

Bookmark and Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *