Coffee Pairing Berdasarkan Jenis Biji Kopinya

Coffee Pairing Berdasarkan Jenis Biji Kopinya

Sudah pasti kopi luwak pada pagi hari umumnya diseruput dengan kecenderungan tempo yang cepat, mengingat kita mesti bersiap dengan semua kesibukan yang perlu dikerjakan di selama harinya. Oleh karena itu kopi di habiskan saat itu juga dan dipertunjukkan dengan solo untuk jadi seperti stimulan pemberi semangat untuk mulai hari (walau tidak tutup peluang nikmati kopi pada pagi hari sembari memakan pancake umpamanya).

Namun menyesap kopi dapat juga dikerjakan dengan enjoy, tak tahu di sore hari yang senggang atau waktu berkumpul sosial dengan rekan atau kolega. Nah, tidaklah heran bila kopi tidak terus-terusan jadi hidangan paling utama, tetapi ada pasangan yang temaninya.

Di Indonesia umumnya nikmati kopi dengan enjoy yaitu dengan sambil konsumsi camilan lezat, tak tahu pisang goreng yang lebih tradisionil atau brownies untuk yang lebih kekinian.

Sesungguhnya pilihan rekan minum kopi luwak ini bergantung selera serta rutinitas saja, misalnya orang Amerika yang sering memakan croissant dengan kopinya.

Cuma saja, tak ada kelirunya kita pilih makanan sebagai coffee pairing berdasar pada pilihan biji kopinya. Kenapa? Karna tiap-tiap biji kopi yang datang dari region yang berlainan mempunyai karakter rasa yang berlainan juga, hingga penganan sebagai pasangannya mesti dapat jadi seperti “soul mate” sebagai pelengkapnya. Penganan ini paling tidak mempunyai rasa serta aroma yang serupa dengan kopinya, hingga tidak sama-sama menguasai atau tumpang tindih waktu di nikmati dengan bersama-sama.

Jadi catatan, kandungan keasaman yang juga akan kita bicarakan bukanlah dalam lingkup PH balance, atau seberapa asam atau pahit, namun seberapa tajam aromanya. Serta ini perlu waktu lakukan gabungan dengan makanan yang juga akan kita pasangkan dengan kopinya.

Tanpa ada banyak basa-basi sekali lagi, cobalah kita ulik yuk, makanan apa yang pas dipasangkan dengan type kopinya.

Amerika Latin

Kopi luwak yang termasuk juga region Amerika Tengah serta Selatan yaitu Kolumbia, Kosta Rika, Panama, Meksiko serta Guatemala. Kopi Amerika Latin di kenal karna mempunyai cita rasa yang fresh serta tajam, dengan tingkat keasaman yang sekitar dari medium hingga tinggi. Oleh karena itu prima waktu dihidangkan dingin.

Referensi pasangan : roti manis, muffins, buah-buahan bercita rasa citrus, blueberry, apel, kacang-kacangan

Contoh penganan :

  • muffins blueberry
  • cupcake pisang atau kelapa
  • kue kacang Swedia
  • roti apel

Afrika/Arabia

Meliputi kopi Afrika. Timur Tengah serta Arabia. Kopi Arabia umumnya mempunyai karakter yang serupa dengan berry dan anggur, dengan cita rasa yang serupa rempah serta kakao. Sedang kopi Afrika relatif mempunyai rasa yang seperti citrus dengan unsur floral. Tingkat keasamannya tengah.

Referensi pasangan : berry, buah-buahan bercita rasa citrus, kismis, currant, cokelat, kapulaga

Contoh penganan :

  • pai blueberry
  • biskotti cranberry
  • scones oatmeal dengan kismis
  • cheesecake cokelat

Asia/Pasifik

Yaitu kopi luwak yang datang dari daerah Asia serta Indonesia, dan meliputi juga yang datang dari kepulauan Pasifik. Kopi dari region ini populer karna karakternya yang kuat serta berbau tanah. Beberapa besar kopi dari lokasi Asia serta Pasifik mempunyai cita rasa seperti bunga atau rumput. Tingkat keasamannya rendah.

Referensi pasangan : kayu manis, keju, butter, karamel, maple, toffee, daun-daunan

Contoh penganan :

  • biscotti kayu manis
  • pie kemiri karamel
  • muffins pisang
  • roti keju

Mesti diingat bila paparan diatas cuma adalah deskripsi umum dari semasing region kopinya. Sudah pasti macam makanan dapat jadi lebih khusus sekali lagi bila type kopinya dibagi sekali lagi jadi per-sub lokasi.

Jadi contoh, kopi Sumatera nikmatnya dipasangkan dengan harsh browns atau keju, tengah kopi Jawa nikmat diseruput dengan sepiring roti panggang yang diberi minyak zaitun, umpamanya.

Yang di perhatikan yaitu, untuk peluang apa coffee pairing-nya, apakah untuk sarapan, enjoy sore atau jadi rekan makan malam? Pasti dapat sesuai dengan keperluannya.

 

Baca Juga : Jangan Sampai Mutusin Pacar di Coffee Shop

 

Bookmark and Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *