Pilih yang Putih (Bleached) atau yang Coklat (unbleached) Tentang Paper Filter

Pilih yang putih (Bleached) atau yang coklat (unbleached) tentang paper filter

Tidak cuma tentang kopi luwak garut yang mempunyai banyak macam serta rupa, perkara paper filter juga tidak kalah beragam.

Seperti di ketahui oleh beberapa pencinta kopi sekalian kalau dalam menyeduh memakai alat seduh manual genre pour over pastinya memakai paper filter dengan kata lain kertas penyaring. Walau pour over juga terkadang memakai metal filter atau sock filter, namun pemakai filter coffee paling banyak memakai kertas penyaring dalam ritual seduhnya. Alat-alat seduh seperti Hario V60, Kalita Wave & Flat Bottom, Chemex, Kinto Carafe, Bonavita Drip, Look Yami dan Aeropress juga memakai paper filter.

Tetapi perkara pour over tidak cuma masalah alat seduhnya saja. Namun juga problem paper filter-nya yang nyatanya mempunyai dua type kertas yakni kertas cokelat atau unbleached paper serta kertas putih atau bleached paper. Keduanya seperti dilangsir dalam perfectadailygrind. com mempunyai ketidaksamaan walau mempunyai peranan yang sama. Lantas apa sesungguhnya ketidaksamaan ke-2 kertas ini? Serta mana tambah baik untuk mencipta kopi luwak garut enak?

Kertas Penyaring Putih (Bleached Paper Filter)

Seperti namanya, bleached paper filter ini berwarna putih serta umumnya untuk alat seduh manual pour over seperti Kalita, Chemex, Hario V60, serta banyak sekali lagi. Warnanya yang putih karena sudah lewat sistem pemutihan. Sistem pemutihan kertas ini umum di kenal dengan oxygen-bleaching yang mana memakai beberapa kecil zat bernama klorin dalam akhirnya.

Walau dulu oxygen-bleaching dipandang beresiko tetapi saat ini beberapa peneliti sudah menepis hal tersebut. Sistem pemutihan pada kertas penyaring dipandang aman untuk digunakan menyeduh kopi. Tetapi, kekurangannya yaitu paper filter ini mencemari lingkungan dalam sistem membuatnya. Oxygen-bleaching yang memakai klorin ini dapat dibuktikan mencemari lingkungan. Sedang keunggulan dari bleached paper filter ini yaitu ‘rasa kertas’ atau papery lebih tidak kentara dibanding dengan unbleached paper filter. Hal semacam ini mengakibatkan rasa kopi yang “katanya” lebih enak karna bersih dari aroma kertas.

Kertas Penyaring Cokelat (Unbleached Paper Filter)

Paper filter yang satu ini di kenal dengan sebutan alami paper filter karna memanglah tidak lewat sistem kimiawi. Warna cokelat pada kertas penyaring kopi ini tanpa ada memperoleh sentuhan pemutih serta asli berbahan dasarnya. Unbleached paper filter umumnya ada pada paper filter sama dengan bleached paper filter yakni Hario V60, Kalita, Chemex serta banyak sekali lagi.

Keunggulan dari paper filter ini yaitu lebih ramah lingkungan karna akhirnya tidak memakai klorin hingga baik untuk lingkungan serta mensupport program eco-friendly. Meskipun demikian pasti ada kekurangannya yakni paper filter ini lebih papery. Aroma kertasnya lebih kuat apabila tidak disiram air panas (rinsing) berulang-kali pada suhu tinggi bebrapa dapat aroma kertasnya terikut pada hasil seduhan kopi.

Kesimpulan

Baik unbleached paper filter atau bleached paper filter keduanya mempunyai kekurangan serta kekurangan. Semua kembali pada selera serta kesukaan seduh setiap orang. Untuk apa pun type paper filter-nya anda harus lakukan sistem pembilasan supaya lebih higienis serta hindari rasa serta aroma papery. Oh iya, lain cara seduh manual lain juga ketebalan serta kwalitas paper filter-nya. Umpamanya, paper filter untuk Hario V60 pastinya berlainan dengan Chemex. Karna ketebalan serta kwalitas yang berlainan pasti hasil seduhan juga berlainan.

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Kenapa Kenapa Kopi Baik Untuk Orang Tua (lansia)

Bookmark and Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *