Perayaan Kompetisi dan Sensasi pada Pesta Kopi Mandiri 2017

Perayaan Kompetisi dan Sensasi pada Pesta Kopi Mandiri 2017

Bila ada satu eksibisi kopi yang memadukan rencana pada berpesta serta bersaing—tanpa meninggalkan bagian fun serta menariknya—maka itu yaitu acara ini.

Pesta Kopi Mandiri sebenarnya yaitu satu “pertunjukan keliling” yang digagas oleh ABCD School of Coffee serta beberapa sponsor untuk makin memperkenalkan kopi luwak garut pada orang-orang umum, atau mengakrabkan kopi untuk yang telah kenal. Seperti roadshow, moment ini juga sudah lebih dahulu di gelar di sebagian kota di Indonesia, diantaranya Yogyakarta, Jakarta, serta Surabaya mulai sejak awal th. 2017 kemarin. Judul serta rencana pergelarannya senantiasa sama : pesta serta pertandingan kopi serta senantiasa diselenggarakan di museum. (Mungkin mereka memanglah berniat pilih museum jadi ‘tema tempat’ th. ini seakan-akan itu yaitu ajakan untuk kembali menghidupkan warisan budaya Indonesia).

Medan yaitu giliran selanjutnya sesudah tiga kota di Pulau Jawa. Menarik sekali, karna (pada akhirnya) acara berskala nasional tidak terus-terusan dikerjakan di ibukota atau di kisaran Pulau Jawa. Pesta Kopi Mandiri di Medan sendiri di gelar pada 19-20 Agustus 2017 serta ambil tempat di Museum Perkebunan yang ada di satu diantara jalan paling utama kota paling repot, Jalan Brigjend Katamso.

Dalam moment yang di gelar dua hari berturut-turut ini, ada lebih dari 20 eksponen yang beberapa besar adalah kedai kopi spesialti, roastery, serta usaha kopi lokal dari kota Medan, Jakarta, serta Berastagi. Seseorang rekan asal Amerika yang kebetulan berkunjung ke moment ini menyimpulkannya sekian : “all the best coffee shops in ONE place. ” Rangkuman yang masuk akal bila lihat beberapa nama yang tidak asing di industri kopi Indonesia kompak ada serta berjejer keduanya dengan akur dalam satu tempat serta saat berbarengan. Sebagian eksponen itu diantaranya Monks Coffee Roasters, Smoking Barrels, Korte Chocolate, Biji Hitam Berastagi, Coffee Smith Jakarta, Estate Roastery, The Coffeenatics, Mitra 8, Say Something, Brewers Coffee And Roastery, serta sudah pasti.

Perayaan Kompetisi dan Sensasi pada Pesta Kopi Mandiri 2017

Menurut panitia, paling tidak ada sekitaran 6. 000 keseluruhan pengunjung yang datang dalam dua hari Pesta Kopi Mandiri—jumlah yang fantastis untuk ukuran eksibisi kopi di kota Medan. Angka itu juga terlihat memberikan keyakinan mengingat moment ini tidak sempat sepi mulai sejak pagi sampai malam. Senantiasa ramai, padat serta –syukurnya– riuhnya mengasyikkan. Uniknya, pengunjung yang datang nyatanya bukan sekedar datang dari kelompok yang cinta mati pada kopi. Beberapa kecil ada yang datang karna penasaran serta menginginkan tahu mengenai minuman ini. Karena itu, menurut saya, kita mesti berlapang dada mengaku kalau maksud acara ini betul-betul berhasil.

Pengunjung yang datang dapat nikmati kopi-kopi nikmat dari beragam daerah di Indonesia serta luar Indonesia yang didapatkan oleh beragam booths kopi luwak garut. Nah, di sinilah menariknya. Walau yang didapatkan mungkin yaitu kopi single origin yang sama, namun semasing booths tetaplah mempunyai kekhasan mereka sendiri, tak tahu level roasting yang dipakai, varietal yang di tawarkan, dsb. Jadi tidaklah perlu sama-sama mencemburu dalam kopi karna semuanya mempunyai ciri-khas istimewanya semasing.

Terkecuali eksibisi kopi, menu paling utama serta sekalian satu diantara agenda terutama pada moment ini yaitu sesi penyisihan Regional Kiri (yang mencakup ruang Sumatera, Jawa Barat, Jabodetabek, serta Banten) untuk Indonesia Aeropress Championship 2017. Hari Ke-2 yaitu yang paling menyedot perhatian karna sebagian Big Match yang paling dinanti-nantikan, yakni battle dua barista yang keduanya sama dijagokan serta mempunyai suporter fanatik semasing, berjalan di hari ini.

Beberapa pemenang dari sesi penyisihan ini juga akan melaju ke putaran final di Jakarta bulan depan. Pemenangnya juga akan mewakili Indonesia pada pertandingan World Aeropress Championship (serta bertanding melawan perwakilan dari lebih dari 50 negara) di Seoul, Korea Selatan, awal November yang akan datang. Nah, siapakah yang juga akan jadi Wakil Indonesia? Kita tunggulah saja.

Hingga berjumpa di moment kopi luwak garut selanjutnya! 🙂

Baca Juga : Pilih yang mana Espresso maker manual Atau Otomatis ?

Bookmark and Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *