Kapan Sebaiknya Kopi tentang Roast Date Setelah Di Sangrai

Kapan Sebaiknya Kopi tentang Roast Date Setelah Di Sangrai

Sebenarnya, banyak peminum kopi luwak garut yang nyatanya salah kaprah menyikapi ‘roast date’ ini.

Tiap-tiap pengagum kopi nampaknya juga akan sepakat kalau kopi yang fresh adalah satu diantara aspek perlu untuk hasilkan seduhan yang nikmat serta tidak terlupakan. Satu diantara tanda-tanda kopi yang fresh ini lalu dikaitkan dengan tanggal sangrai, atau roast date yang tercantum dalam paket kopi. Di sinilah salah kaprah itu sering berlangsung.

Pengagum kopi yang betul-betul memahami mengenai kopi luwak garut umumnya juga akan senantiasa mencari kopi-kopi yang berumur paling tidak minimum satu minggu mulai sejak tanggal roasting. Sejauh yang saya saksikan, sebagian bahkan juga ada yang mencari sampai satu bulan sesudahnya.

Tetapi ini berbanding terbalik dengan umumnya peminum kopi garis keras—saya mesti memakai arti ini karna biasanya mereka juga akan menampik dengan begitu keras, dengan alasan yang tidak kalah keras juga, saat dianjurkan referensi kopi yang baik. Umumnya peminum kopi type ini umumnya memburu kopi paling baru—yang betul-betul begitu baru serta, bila dapat, barusan disangrai. “Yang lama tidak fresh, ” argumen mereka. Beberapa beda mengatakannya “kopi basi”. Lol. Walau sebenarnya, selama biji kopi tetaplah tertutup rapat serta tersegel rapi, ia akan tidak sempat basi.

Sebatas catatan saja. Kopi bukanlah type product minuman yang “akan makin nikmat bila dikonsumsi hari itu juga sesudah disangrai ”. Kopi, tidak seperti type makanan atau minuman beda yang mungkin saja juga akan rusak, atau meminjam arti pemula – basi, bila sudah melalui tenggat saat belinya. Ada argumen spesial yang melatarbelakanginya. Sistem degassing, atau pelepasan karbon dioksida dari dalam biji kopi, serta beberapa momen kimia alami beda yang berlangsung pada kopi sesudah sistem roasting yaitu satu diantara aspek terpenting.

Sesudah sistem degassing ini usai, ada seperti jendela saat yang membentangkan waktu kesegaran baik dari biji kopi. Penjelasan sederhananya kurang lebih, “waktu di mana rasa kopi itu tengah ada di puncak jaya-jayanya serta sekali lagi enak-enaknya“. Peminum kopi yang baik baiknya sudah mengetahui serta mesti tahu mengenai ini.

Jadi, kapan sebenarnya saat baik untuk konsumsi kopi bila diliat dari roast date? Tersebut uraian rentang saatnya.

Kopi yang dikonsumsi (begitu) lama sesudah tanggal roasting juga akan merasa flat, atau hambar

Mungkin saja berikut yang sesungguhnya ditujukan pengagum kopi garis keras itu dengan kopi ‘basi’. Tetapi mengonfirmasi data diatas, sepanjang kopi tetaplah tersegel rapi, tertutup rapat dalam paket yang diperlengkapi air valve serta tidak di buka, jadi kopi akan tidak basi. Yang ada cuma, kopi juga akan kehilangan aromanya saja. Aroma kopi biasanya juga akan menyusut dengan berkelanjutan sesudah sekitaran 30 hari dan sebagainya mulai sejak disangrai. Tetapi perhitungan ini beragam, bergantung dari kepadatan biji kopi serta type/profil roasting-nya.

Bila dikonsumsi sangat lama, umpamanya lebih dari satu 1/2 bulan mulai sejak roast date, aroma kopi yang menyusut juga akan merubah rasa, membuatnya flat serta sedikit hambar saat diseduh.

 

Kopi yang dikonsumsi kurun waktu (sangat) dekat dengan tanggal roasting akan merasa flat, serta hambar

Kopi yang segera diseduh cuma berselang sebagian menit, atau sebagian jam, sesudah disangrai juga juga akan buat rasa-rasanya tidak maksimum. Seakan ada yang kurang walau menggunakan resep Juara meskipun. Yakinlah, saya sempat cobanya. Haha. Termasuk juga untuk buat espresso. Sistem degassing yang belum juga prima pada kopi yang “terlalu segar”, dengan kata lain baru disangrai, juga akan mengakibatkan problem seperti channeling ketika ekstraksi. Selanjutnya, ini juga akan menyusahkan baristanya sendiri.

Biasanya, kopi juga akan menjangkau puncak aromatiknya sesudah hari ke-3, atau ke-4, saat sangrai. Karena itu, banyak pakar serta roaster kopi yang telah mengerti kalau kopi baiknya “diistirahatkan” dahulu paling tidak sepanjang 24 jam sesudah roasting sebelumnya lalu di rasa, atau ditest citarasa (coffee cupping/tasting).
Kopi yang sudah disangrai baiknya memerlukan saat sekitaran 24 jam untuk resting sebelumnya di rasa, atau di-cupping.

 

Jangka waktu yang ideal

Satu diantara strategi terutama sebelumnya beli kopi serta mengkonsumsinya yaitu ketahui saat, kapan kurang lebih level karbon dioksida pada kopi telah betul-betul minimum, serta di waktu berbarengan, aromanya juga sudah menjangkau puncaknya. Terdapat beberapa macam tentang waktu ini. Tiap-tiap kopi berbeda perhitungannya, bergantung varietas/varietal kopi, kwalitas kopi, ketebalan biji, serta profil roasting semasing.

Misalnya saja, kopi Panama Gesha dari Volcan Estate yang dibawa Chad Wang ke WBrC 2017 lantas disebutnya menjangkau rasa paling baik ketika hari ke-3 sesudah roasting. Di bagian beda, beberapa pengagum kopi Ninety Plus yang saya ketahui malah beli kopi favorite mereka dengan roast date yang sekitar minimum 21 hari terlebih dulu. Bukanlah yang betul-betul baru.

Tetapi, biasanya, waktu baik paling umum yang banyak di terima oleh beberapa pakar, roaster serta coffee geek yang lain yaitu sekitaran 7 – 14 hari mulai sejak tanggal roasting (roast date). Kopi-kopi yang ada dalam rentang saat ini dipandang paling baik untuk dikonsumsi karna sistem degassing pada kopi sudah usai. Yang tersisa pada kandungan biji kopi juga yaitu semua substansi serta zat alami baik yang telah betul-betul utuh. (Beberapa sumber menyebutkan kalau waktu baik ini masih tetap dipandang cukup baik sampai batas saat 21-30 hari).

Bila anda belum juga mengerti rencana tentang waktu kesegaran baik ini, atau belum juga tahu apakah kopi yang juga akan anda beli sudah betul-betul baik untuk dikonsumsi, sebaiknya ajukan pertanyaan segera pada roaster atau barista yang dapat memberi anda anjuran paling baik tentang kopi. Janganlah sungkan untuk ajukan pertanyaan serta berkonsultasi.

 

Sebagian roastery terkadang berikan panduan begitu detil tentang roast date, seperti pada packaging ini. 😀

Seperti catatan. Kopi baiknya disimpan dalam canister atau wadah kaca yang tertutup rapat (bila dapat, kedap udara) demikian segel pada paket kopi di buka. Karna umur kesegaran kopi juga akan menyusut demikian kopi terserang paparan udara.

 

Selamat minum kopi! 🙂

Baca Juga: Perayaan Kompetisi dan Sensasi pada Pesta Kopi Mandiri 2017

Bookmark and Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *