Di Seattle Global Speciality Coffe Expo 2017

Di Seattle Global speciality coffe expo 2017

Moment kopi  luwak garut spesialti spesial Amerika saat ini bertransformasi jadi eksibisi yang terbuka untuk global. Serta mereka pilih kota kelahiran Starbucks jadi tempat penyelenggaraan pertamanya sesudah ‘ganti nama’.

Tak ada sekali lagi SCAA atau SCAE. Saat bergabungnya dua organisasi kopi paling besar didunia itu pada Januari 2017 lantas, saat ini aktivitas apa pun yang terlebih dulu ada dibawah naungan mereka berdua mesti diberi nama Global Specialty Coffee Expo, dengan SCA—Specialty Coffee Association saja tanpa ada embel-embel Amerika atau Eropa—sebagai penyelenggara. Praktis SCAA 2016 yang kami juga hadiri th. lantas di Atlanta jadi moment paling akhir yang ada dibawah bendera SCAA.

Jadi expo perdana yang saat ini membawa predikat “eksibisi kopi spesialti untuk semua bangsa”, Global Specialty Coffee Expo ambil kota Seattle, kota beberapa musisi sekalian kandang Starbucks, jadi tempat proses pertamanya. Aktivitas ini persisnya diselenggarakan di Washington State Convention Center, Seattle, yang gedungnya sendiri sempat memenangi Convention/Conference Venue paling baik di semua negara sisi Washington pada 2015 yang lalu.

Di Seattle Global Speciality Coffe Expo 2017

SCA 2017, atau Global Specialty Coffee Expo, th. ini masih tetap mengusung topik yang sama : jadi one stop shop untuk beberapa aktor industri kopi untuk mencari apa pun yang mereka perlukan dalam industri ini. Cuma saja, kesempatan ini skalanya semakin besar, deretan eksponennya lebih berjibun, serta pengunjungnya sudah pasti makin tumpah ruah dengan mengagumkan.

Paling tidak tersebut yang saya saksikan ketika masuk hall ini pertama kalinya. Antrian lumayan panjang beberapa orang yang menginginkan masuk ke expo serta keramaian di aula depan adalah panorama umum, walau sebenarnya harga ticket yang di tawarkan lumayan mahal. Untuk ticket cuma 1 hari saja di bandrol USD 150, lebih dari 1, 5 juta Rupiah. Tidak termasuk juga ticket masuk ke venue U. S. Coffee Championship. Beruntungnya, ticket kami diberi gratis oleh Cafflano serta Espro. Terimakasih, ya, partners yang baik hati!

Ada tiga sponsor paling utama untuk SCA 2017, dengan sponsor host yaitu Starbucks. Ya, Starbucks! Sesaat Portrait Country resmi th. ini dipegang oleh Kenya. (Th. lantas tempat ini diberi pada Indonesia). Jadi official Portrait Country, mereka buka expo dengan menghadirkan tarian tradisionil ciri khas Kenyan Maasai yang sudah pasti begitu menarik perhatian. Pertunjukan budaya mereka unik!

Seperti lazimnya expo Internasional, terlebih saat ini rencananya mendunia, Global Specialty Coffee Expo juga tidak luput dari beberapa angka-angka fantastis. Terhitung ada lebih dari 700 exhibitors, lebih dari 500 booths serta lebih dari 13 ribu keseluruhan pengunjung yang terbagi dalam beberapa roasters serta retailers, barista, entrepreneur alat-alat kopi, penyedia service layanan, food and beverage professionals serta beberapa beberapa orang perlu didunia kopi—bahkan Darrin Daniel yang saya kagumi pernah tampak menyinggahi expo ini tempo hari.

Deretan eksponen intinya banyak di isi oleh beberapa nama besar didunia kopi luwak garut diantaranya produsen alat-alat kopi seperti Aerobie Aeropress, Bodum, Kinto, Mahlkonig, Compak Coffee Grinders ; beberapa manufacturers besar pembuat mesin-mesin roasting seperti Giesen, Probat, Diedrich ; brands mesin-mesin espresso super mutakhir seperti Slayer Professional Espresso, Sanremo Coffee Machines, La Marzocco, bebrapa sekali lagi Nuova Simonelli, serta beberapa booth kopi/biji kopi dari banyak negara-negara didunia. Dari Indonesia, ada wakil dari Remarkable Indonesian Coffee serta Sunda Coffee Arabica Indonesia.

Umumnya, satu diantara maksud kami waktu mendatangi eksibisi-eksibisi kopi yaitu untuk mencari tahu serta lihat : mainan baru terlebih yang dipamerkan disini serta selekasnya hits di masa depan. Sebagian salah satunya yaitu product paling baru dari Fellow, yakni kettle yang temperaturnya saat ini dapat ditata. Lantas ada bean counter dari Acaia, bernama Acaia Orion, yang disebut dosing sistem hasil kerjasama pada Acaia dengan Khristian Bombeck dari Saint Anthony Industries. (Di perhelatan hari paling akhir, Acaia Orion diumumkan jadi pemenang Best New Product SCA 2017).

Dari mesin penggiling kopi Mazzer, ada grinder paling baru Mazzer ZM yang juga akan launching bulan September yang akan datang. Grinder ini tampak sedikit serupa dengan Mahlkonig EK43 tetapi mempunyai monitor LCD yang benar-benar futuristik..

Global Specialty Coffee Expo diadakan sepanjang 4 hari dari mulai 20-23 April. Terkecuali pameran beberapa produk terinovatif, terdapat banyak pengalaman interaktif yang tidak kalah menarik juga yang kami dapat peroleh disini. Diantaranya rencana eksibisi baru dari SCA, Design Lab. Ini yaitu ruangan spesial yang menghadirkan beberapa design menarik serta artistik dari beragam elemen kopi, seperti design paket kopi, design paper cup, serta design kafe/kedai kopi yang dapat memberi ide untuk beberapa entrepreneur kedai kopi atau bagian sama yang lain.

Ada juga Best New Product Competition, Uppers & Downers, Scientific Poster Sesi di mana beberapa pengunjung dapat berhubungan serta berdiskusi tentang bebrapa penelitian mengenai kopi segera dengan beberapa ilmuwan kopi yang ikut serta dalam industri ini, serta sudah pasti Tech Pavilion!

Selanjutnya, seperti eksibisi-eksibisi kopi Internasional lazimnya yang kami datangi, Global Specialty Coffee Expo th. ini juga makin melecutkan semangat serta buat kami makin bergairah dalam industri ini.

Hingga berjumpa di moment kopi luwak garut selanjutnya!

Baca Juga: Pilih yang Putih (Bleached) atau yang Coklat (unbleached) Tentang Paper Filter

Bookmark and Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *