Cara Memanipulasi Karakter Rasa Kopi, Tips Aeropress

Cara Memanipulasi Karakter Rasa Kopi, Tips Aeropress

Jadi pencinta kopi luwak garut, cara apa sebagai favorite anda sehari-hari, apakah French Press yang dapat hadirkan ciri-khas rasa yang demikian kaya, bagaimana dengan AeroPress? Jadi pencinta kopi, cara apa sebagai favorite anda sehari-hari, apakah French Press yang dapat hadirkan ciri-khas rasa yang demikian kaya, bagaimana dengan AeroPress?

Ciri-khas rasa dari kopi apakah dapat dimanipulasi? Sejatinya ciri-khas rasa dari kopi datang dari ciri-khas kopi tersebut, ada origin kopi yang memanglah telah berkarakter manis buah-buahan, banyak pula origin kopi yang mempunyai ciri-khas rasa saat di mulut merasa demikian nikmat yang kental ; ini seringkali dimaksud dengan juga ciri-khas body kopi. Penyebabnya sebagian origin kopi sangat cocok untuk disangrai pada tingkatan light roast, karna berlainan tingkatan dalam menyangrai dapat juga hasilkan ciri-khas rasa spesifik. Serta sekali lagi, dengan cara seduh yang berlainan juga memberi ketidaksamaan pada rasa si kopi. Belum juga, cara seduh yang sama mungkin hasilkan ciri-khas rasa yang berlainan, karna setiap barista mempunyai ketidaksamaan resep kopi dalam menyeduhnya.

Dibalik misteri ciri-khas rasa kopi luwak garut, rahasianya ada pada ekstraksi kopi, bagaimana ekstraksi kopi saat menyeduh kopi, apakah telah maksimal? Untuk merekayasa rasa kopi pada setiap seduhannya, sebaiknya seseorang penyeduh kopi memahami mengenai teori ekstraksi kopi, di setiap seduh mungkin saja berlainan teori ekstraksi. Cuma saja yang butuh di perhatikan, lamanya saat menyeduh serta ukuran gilingan kopi, atau lebih akrabnya brew time serta grind size. Bila anda sempat lihat grinder di meja barista, kenapa ada yang memakai grinder hingga 2 mesin grinder, ini tentang ukuran gilingan kopi biasanya berlainan. Optimalnya gilingan kopi untuk hidangan espresso pada taraf halus, begitu halnya AeroPress ukuran gilingan kopi juga pada taraf halus, tetapi untuk melindungi ketekunan rasa, amannya grinder yang dipakai 2 mesin grinder. Untuk mengerti langkah kerja AeroPress bukan sekedar mesti ketahui brew time serta grind size saja, sebagian elemen perlu dalam menyeduh kopi seperti suhu air juga butuh diperhitungkan.

Grind Size serta Brew Time

Ukuran gilingan kopi merujuk pada saat penyeduhan, bukan sekedar pada AeroPress, cara seduh yang lain, grind size serta brew time jadi referensi untuk membuat ciri-khas rasa yang dikehendaki. Apakah itu untuk mendatangkan ciri-khas rasa asam buah, body yang penuh, atau mencari keseimbangan rasa si kopi. Bila anda menginginkan mendatangkan ciri-khas body yang penuh pada seduhan AeroPress pakai ukuran gilingan kopi yang halus, karna bubuk kopi yang halus juga akan memberi saat agak lebih lama saat AeroPress ditekan serta ini terkait dengan ekstraksi kopi. Pikirkan bila memakai bubuk kopi yang kasar, air dengan gampang mengaliri bubuk kopi hingga saat menyeduhnya demikian cepat serta ekstraksi kopi juga demikian singkat. Apa yang terjadi ciri-khas rasa yang terwujud?

Suhu Air

Temperatur air biasanya memakai suhu air pada titik 91–96°C pada setiap cara seduh, tetapi taukah anda untuk merekayasa ciri-khas rasa pada AeroPress anda perlu suhu air beda dari umumnya orang pakai. Pada titik suhu air 80–85°C anda bisa mendatangkan ciri-khas rasa kopi yang lembut, bila memakai origin kopi yang mempunyai ciri-khas keras bermain di suhu air juga jadi opsional yang layak anda cobalah.

Filter AeroPress

Bagaimana dengan kertas penyaring AeroPress, sebagian barista yakin memakai 2 paper filter untuk menyaring kopi juga akan mendatangkan ciri-khas rasa lebih lembut, apakah benar? Ciri-khas rasa juga akan jadi lebih lembut menggunakah paper filter, bila anda menginginkan mendatangkan ciri-khas body pada hidangan AeroPress yang kamu bikin, sebaiknya memakai metal filter AeroPress seperti Able Disk Coffee Filter. Ciri-khas body ada karna taraf minyak kopi, tetapi dengan paper filter minyak kopi juga akan terserap hingga berikut kenapa ciri-khas jadi lebih lembut memakai paper filter. Untuk inginkan ciri-khas body sebaiknya memakai metal filter.

Resep AeroPress

Resep kopi bukanlah bermakna adalah hidangan yang paling benar untuk menyeduh memakai cara spesifik, anggaplah resep ini referensi untuk membuat resep kopi anda sendiri. Di bawah ini resep kopi yang dipakai Ben Jones, yang membuatnya jadi juara AeroPress Champion USA pada th. 2016 kemarin.

Biji Kopi : Colombia
Berat Kopi : 26g
Volume Air : 250 ml
Suhu Air : 205°F (96°C)
Ukuran Gilingan Kopi : Bubuk kopi halus digiling mesin grinder Mahlkonig EK 43 pada taraf 8
Filter : 2 paper filters di atas Abel fine metal disc
Cara AeroPress : Traditional/Standar

Keluar pertanyaan, kapan persisnya barista berhenti menghimpit AeroPress mereka? Di terakhir barista menghimpit AeroPress mereka, ada nada udara perlahan keluar ‘hiisss’ di sinilah banyak barista berhenti menghimpit, serta hidangan kopi AeroPress siap dihidangkan. Namun apa berlainanannya bila tidak berhenti menghimpit saat ada nada udara perlahan yang keluar? Bila inginkan ciri-khas body yang kuat, sebaiknya menghimpit AeroPress hingga akhir, hingga betul-betul bubuk kopi jadi kering. Bagaimana pengalaman anda memakai AeroPress, apakah tersaji lembut atau full body?

Baca Juga: Partner 8 Medan di Connection Vol 1 dan Extracion

Bookmark and Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *